Select Page

What? Makan kulit pisang? Mungkin Kawan Wanita berpikir kenapa juga harus makan kulit pisang kalau dagingnya pisang jauh lebih enak ya? Haha! Saya pun bingung juga sih ketika menemukan cerita kulit pisang ini waktu asyik browsing internet sambil menunggu kereta datang. Yang saya tahu memang pisang dianjurkan untuk dikonsumsi wanita saat menjelang haid karena kandungan potasium di dalamnya dapat membantu meringankan gejala PMS. Tapi, kulit pisang? Apa pula manfaatnya?

Manfaat kulit pisang untuk wanita

Ternyata inilah alasannya kenapa kulit pisang bagus bagi Kawan Wanita….

Mengandung Asam Amino

Saya baru tahu kalau kulit pisang ternyata mengandung asam amino yang membantu meningkatkan serotonin (hormon yang berperan pada munculnya perasaan nyaman dan bahagia). Asam amino bernama tryptophan ini juga membantu kita untuk bisa tidur pulas. Oh ya, kata penelitian, makan dua kulit pisang per hari selama tiga hari bisa meningkatkan kadar serotonin hingga 15 persen loh!

Kulit Pisang Kaya Serat

Yang ini saya juga baru tahu. Kandungan serat dalam kulit pisang ternyata lebih tinggi dibanding si daging pisangnya sendiri. Karena seratnya yang tinggi inilah menyantap kulit pisang bisa membuat perut Kawan Wanita terasa kenyang lebih lama. Bonus lainnya, serat di dalam kulit pisang juga membantu menurunkan kolesterol. Dan, seperti biasa, serat juga bikin kita buang air besar lebih lancar.

Mengandung Senyawa Anti Kanker

Senyawa anti kanker di dalam kulit pisang membantu mencegah penyakit mematikan itu datang. Kandungan senyawa cytoprotective nya membantu mencegah bermutasinya sel-sel tubuh menjadi sel kanker sedangkan karoten dan folifenol di dalam kulit pisang membantu meningkatkan pertahanan tubuh dari serangan penyakit.

kulit pisang bagus untuk wanita

Kulit Pisang Sarat Nutrisi

Ingat tadi saya sempat menyebut potasium dalam daging pisang sangat bermanfaat? Nah ternyata kulit pisangnya jauh lebih banyak kandungan nutrisinya! Menggunungnya kandungan vitamin B di dalam kulit pisang dapat membantu meningkatkan vitalitas, sedangkan magnesiumnya bermanfaat untuk fungsi otot dan saraf, dan lutein nya berguna membantu fungsi penglihatan saat malam hari. Cuma itu saja? Masih ada lagi nih yang lainnya. Senyawa anti jamur dan antibiotik di dalam kulit pisang bekerja seperti obat dokter untuk mengatasi infeksi bakteri serta berperan menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Wah! Ternyata banyak juga ya manfaatnya! Jadi, walau mungkin rasanya aneh makan kulit pisang, tidak ada salahnya kalau Kawan Wanita mencobanya bukan? Saya saja mau coba dan rasakan manfaatnya… 🙂