Select Page

mata panda

Pusing dengan tampilan mata panda alias lingkaran hitam di bawa mata? Ya, masalah yang satu ini memang bisa ganggu banget saat kita harus tampil prima untuk bertemu klien atau harus menghadiri acara penting. Kalau saya, biasanya sih si mata panda ini hadir bersama kantung mata ketika saya sering bergadang semalaman untuk urusan pekerjaan. Sudah mata berkantong, berlingkaran hitam pulak. Sama sekali nggak ada bagus-bagusnya penampakannya.

Untungnya, baru-baru ini saya menemukan solusi alami untuk atasi mata panda yang saya dapat dari sebuah artikel di web kesehatan yang saya baca. Ini dia nih resepnya yang ternyata bisa kita dapat dari dapur sendiri:

Gunakan Ketimun

ketimun

Ketimun ternyata tak cuma enak dilalap tapi juga dapat meredakan peradangan di area mata yang menyebabkan timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata. “Para ilmuwan menemukan bahwa ketimun mengandung beragam antioksidan seperti cucurbitacin, vitexin, orientin, dan isoscoparin, serta vitamin C dan K, ungkap Jeanette Jacknin, seorang ahli kesehatan kulit holistik yang juga penulis buku Smart Medicine for Your Skin. Iris ketimun dan simpan sebentar di lemari es, lalu tempelkan di kedua mata, dan rasakan bagaimana suhu dingin dari ketimun mengurangi penumpukan cairan di bawah mata yang kerap menjadi penyebab munculnya mata panda.

Tak Ada Ketimun Kentang Pun Jadi

kentang

 

Tak ada ketimun di dapur tapi ada kentang? Tak masalah. Gunakan kentang untuk mendapatkan efek yang sama dari ketimun. Kandungan vitamin C dan nutrisi lainnya di dalam kentang dapat membantu mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata. Taruh kentang di dalam freezer selama 30 menit lalu iris tipis. Tempelkan di kedua mata, menutupi area lingkaran hitam selama 15 menit.

 

 

 

Kantong Teh Hijau

green tea

 

 

Hmmm, agak sayang juga sih ya kantong teh (hijau pula) dipakai bukan untuk bikin teh tapi untuk ditempel di mata. Hehehe. Tapi, kalau yang ada cuma kantong teh hijau, boleh lah resep ini dicoba. Kantong teh dalam keadaan basah bisa ditempelkan ke kedua mata untuk memberi efek mendinginkan pada mata yang berkantung dan berlingkaran hitam. Sangat cocok juga untuk kita yang punya kulit sensitif karena teh hijau mengandung zat anti radang.

 

 

 

Alpukat

alpukat

 

 

Yang satu ini juga sepertinya lebih enak kalau dimakan saja sih. Tapi, tak ada salahnya juga dicoba. Karena kandungan asam lemak dalam alpukat dapat mengembalikan kelembapan dan elastisitas kulit yang kering. Kalau Anda pemilik kulit kering, alpukat adalah pilihan yang tepat karena si mata panda bisa segera lenyap jika penyebabnya adalah kulit yang dehidrasi. Begini cara penggunaannya, yang ternyata masih harus dicampur dengan bahan-bahan lainnya: Haluskan 1 buah alpukat. Campur dengan 1/2 cangkir oatmeal, dan 2 sendok  makan madu, lalu disantap. Eh, bukan. Maksudnya, lumuri wajah dengan ramuan tersebut dan diamkan selama 10-15 menit untuk kemudian dibilas hingga bersih.

Nah, yang mana yang mau Anda coba? Kalau saya sih, alpukat dan teh lebih baik masuk di perut saja deh. Hehehe