Select Page

YOUNG COUPLE

“Percaya nggak kalau ML bisa bikin langsing?,” kata Mira teman saya, waktu kami sedang istirahat makan siang di kantor. Kami yang sedang asyik menyantap menu kami masing-masing pun langsung berhenti mengunyah dan diskusi pun dimulai. “Iya, hubungan seks itu ternyata bisa membakar kalori loh!,” Mira melanjutkan. “Masuk akal juga sih. Kan kita banyak bergerak kalau sedang ML,” celetuk Dina, teman saya yang lain sambil cekikikan.

Dan obrolan pun berlanjut ke seberapa banyak kira-kira kalori yang akan terbakar saat berhubungan seks. Mira yang memegang sebuah majalah wanita terbitan luar negeri pun memperlihatkan artikelnya. Jadi, kalau menurut artikel tersebut, berhubungan seks dengan pasangan tak hanya berdampak positif bagi hubungan dan memberikan kebahagiaan, tapi juga baik untuk kesehatan. Tak hanya membuat detak jantung berdegup lebih kencang, berhubungan seks juga bisa membakar kalori! Hmm, olahraga yang mengasyikkan juga ya ternyata! Hehehe… Ini dia nih hitungan pembakaran kalorinya dari sebagian “aktivitas” yang dilakukan saat bercinta.

Berciuman: 68 kalori per jam

What? Siapa juga ya yang berciuman non stop selama satu jam saat bercinta? Hahaha! Baiklah anggap saja demikian, cukup dihitung saja berapa kira-kira kalori yang terbakar jika melakukan kegiatan yang satu itu dalam waktu kurang dari satu jam. Jadi, menurut para ahli, bukan hanya cara yang pas untuk menunjukkan kasih sayang dan ikatan emosional dengan pasangan, kecupan juga bisa membakar lemak. Jika ciuman dilakukan secara intens dan melibatkan ehem-ehem: petting, kalori yang terbakar dari kegiatan yang satu ini bahkan bisa mencapai 90 kalori dalam satu jam. Demikian menurut Jaiya Kinzbach, seorang sexolog penulis buku Red Hot Touch. 

Melepas pakaian: total 8+kalori

“Ah cuma sedikit!” kata Tita. “Eh tapi tergantung juga lah bajunya susah dilepas atau nggak. Kalau modelnya yang susah dilepas kan butuh tenaga ekstra untuk membukanya!” demikian komentar Mira sambil tertawa. Mungkin kita tidak terlalu memperhatikan kegiatan yang satu ini sebagai bagian dari ritual bercinta. Tapi ada seorang peneliti dari Italia yang “iseng” menghitung kalori yang terbakar dari kegiatan membuka baju. Menurutnya, kalori yang terbakar bisa mencapai 8 hingga 10 kalori. Yang menakjubkan sekaligus tak terpikirkan di benak kami juga sih, mencopot bra dengan menggunakan mulut bisa membakar 80 kalori. Jadi, saran peneliti itu, jadikanlah kegiatan “buka-membuka” ini sebagai bagian dari foreplay jika ingin membakar lebih banyak kalori.

Memijat: 80+ kalori per jam

“Aih! Kalau gue dipijet 1 jam pasti malah ketiduran nggak jadi ML,” demikian komen saya. Tapi, terlepas dari tertidur atau tidaknya kita waktu dipijat, memijat pasangan sebagai bagian dari “step by step” bercinta sangat oke untuk membakar kalori. Jadi, memijat menurut para ahli seks tersebut dapat meningkatkan detak jantung dan membuat tubuh berada dalam kondisi membakar kalori. Tapi, untuk “memanaskan” suasana, Pak Kinzbach menyarankan untuk melakukan pijatan dengan gerakan yang lambat dan pelan secara sensual. Menurutnya sih gerakan yang seperti itu memungkinkan berbagai otot tubuh bekerja membakar kalori. Baiklah kalau begitu. Mari nanti dipraktekkan. 😉

(bersambung… ;-D)