Select Page
Kabar gembira untuk kita semua! Ternyata kita kaum wanita boleh tidur lebih lama dibanding pria. Jadi, boleh dong ya sesekali kita tidur di sela-sela jam istirahat untuk memenuhi kebutuhan tidur kita sebagai wanita. Nggak perlu lah Kawan Wanita merasa bersalah jika curi-curi waktu untuk tidur sebentar di mushola kantor atau di commuter line saat pulang kerja karena memang kita butuh tidur lebih lama kok.
Jadi, menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para ilmuwan dari the Loughborough University Sleep Research Centre, Inggris, wanita butuh tidur 20 menit lebih lama dibanding kaum pria. Bagi sebagian wanita, bisa saja jumlahnya kurang atau lebih dari 20 menit. Mengapa kita butuh lebih lama tidur, kita kaum wanita patut berbangga, karena otak kita ternyata bekerja lebih keras dibanding otak pria alias lebih banyak menggunakan otak kita jika dibandingkan dengan kaum pria.
Otak wanita berbeda dengan otak pria. Selain bekerja lebih keras, otak kita juga fleksibel serta ditakdirkan untuk memiliki kecenderungan multi-tasking alias melakukan banyak hal dalam satu waktu. Karena itulah kita butuh waktu lebih banyak untuk “mengistirahatkan otak” di malam hari. Begitu kebutuhan istirahat tadi tidak tercukupi, stres, mudah marah, dan depresi lebih mudah muncul. Efek kurang tidur ini sendiri tidak ditemukan pada kaum pria.
Jadi, mulai dari sekarang, pastikan tidur malam Kawan Wanita selalu tercukupi. Atau, kalaupun kurang tidur, gantikanlah kekurangan itu dengan tidur sebentarert di sela-sela jam istirahat kantor atau di sela-sela kesibukan di rumah bila Kawan Wanita seorang full time mother. Saya sendiri kadang melakukannya. Sebenarnya bukan kesengajaan juga sih, karena entah mengapa kadang di jam-jam tertentu (seringnya sih sekitar jam 10 pagi) itu mengantuknya luar biasa. Kalau sudah begitu, biasanya saya turuti kantuk saya dengan tidur barang 10-20 menit (kadang 30 menit). Sebentar sih, tapi efeknya bagus untuk saya. Kantuk hilang dan saya pun merasa lebih segar dan siap beraktivitas lagi.
Bagaimana dengan Kawan Wanita? Sudah kuat nih alasannya untuk tidur sebentar di sela-sela kesibukan di kantor saat kantuk datang. Bukan karena malas, tapi memang karena kita butuh kok! Selamat tidur yaa! -)