Select Page

urine

 

Pernah tidak memperhatikan warna air kencing kita ketika buang air kecil? Saya yakin 5 dari 6 orang pasti tidak terlalu memperhatikan warnanya. Selesai buang hajat, langsung tekan flush, bersih-bersih, beres urusan. Padahal, memperhatikan warna air kencing saat kita buang air kecil itu bisa membantu kita mengetahui kondisi kesehatan kita. Kalau saya, ketika air kencing berwarna kuning pekat, itu tandanya saya harus lebih banyak lagi minum air putih. Pernah juga saya panik luar biasa ketika kencing saya berwarna kemerahan. Tapi, syukurlah bukan tanda bahaya. Karena, belakangan baru saya ingat, saya baru makan buah naga merah cukup banyak sebelum itu sehingga air kencing saya berwarna kemerahan.

Kalau begitu, apa sih warna air kencing sebaiknya? Mari kita bahas bersama-sama.

  • Transparan

Air kencing yang benar-benar jernih menandakan bahwa kita minum terlalu banyak air. Tapi tak perlu khawatir. Minum banyak air jarang menyebabkan masalah kesehatan serius sepanjang kita tidak memaksakan diri minum air banyak-banyak di luar kapasitas tubuh kita.

  • Kuning pucat

Ini menandakan kita sudah cukup minum air. Tapi, bila warna kuningnya terlihat pekat (biasanya inilah warna air kencing saya saat baru bangun tidur), itu tandanya kita harus minum lebih banyak.

  • Kecoklatan

Yang ini nih yang perlu diwaspadai. Karena warna kecoklatan menandakan tubuh kita mengalami dehidrasi. Kemungkinan lainnya adalah adanya masalah di organ hati yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

  • Pink hingga kemerahan

Ini juga perlu diwaspadai. Karena selain berasal dari makanan yang kita makan (seperti kasus buah naga saya tadi), kemungkinan lainnya bisa berasal dari darah. Beberapa kemungkinan yang perlu dipastikan kebenarannya dengan memeriksakan diri ke dokter adalah adanya gangguan pada ginjal atau kandung kemih.

  • Biru atau hijau

Hah? Masa sih warna kencing biru atau hijau? Ternyata ini bisa saja terjadi walaupun sangat jarang. Warna kencing yang seperti ini biasanya merupakan gejala awal dari gangguan enzim yang disebut porphyria.

Nah, sekarang sudah tahu kan warna apa air kencing kita sebaiknya?