Select Page

breasts2

Payudara yang padat

Payudara seperti ini menandakan bahwa ada lebih banyak jaringan di dalamnya. Kabar buruknya adalah, payudara seperti ini menyulitkan pemeriksaan mamografi untuk mendeteksi adanya tumor, karena jaringan ataupun kanker akan terlihat sebagai warna putih di pemeriksaan sinar X. Karena itu, jika Anda termasuk yang memilikinya, rajin-rajinlah memeriksakan diri ke dokter melalui pemeriksaan MRI atau USG. Rajin-rajin pula melakukan Sadari (periksa payudara sendiri).

Payudara terasa nyeri

Ada sederet kemungkinan penyebab payudara terasa nyeri. Nyeri di kedua payudara umumnya terkait dengan hormon atau terlalu banyak mengkonsumsi kafein. Pemicu lainnya adalah PMS, bra yang tidak sesuai, nyeri akibat benturan atau nyeri setelah melakukan olahraga high-impact. Bahkan membawa tas yang berat di pundak yang sama berhari-hari juga bisa menyebabkan nyeri pada payudara.

Cairan keluar dari puting

Rangsangan saat hubungan seks bisa saja menyebabkan keluarnya cairan dari puting. Tapi, dalam kondisi lainnya, cairan yang keluar dari puting tidak bisa dianggap enteng lho! Ini bisa saja terjadi karena adanya kanker. Namun, untungnya tidak selalu demikian, karena bisa saja hanya karena pengaruh hormon, terutama bila keluarnya dari kedua puting. Masalah yang umumnya menjadi peyebab ini terjadi adalah tingginya kadar hormon prolaktin yang bisa saja terjadi karena pengaruh obat-obatan yang diminum, rendahnya hormon tiroid. Satu lagi penyebab yang perlu diwaspadai adalah tumor kelenjar pituari. Secara umum, cairan yang keluar dari puting biasanya normal, tapi tetap membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, terutama jika cairan berupa darah, hanya terjadi pada satu payudara saja, serta terjadi dengan disertai perubahan warna kulit dan kecurigaan adanya jaringan kanker di payudara.

Perubahan warna pada payudara

Walau pada stadium lanjut penyakit kanker payudara bisa menyebabkan perubahan warna kulit pada area payudara, kecurigaan pertama yang paling mungkin menjadi penyebabnya adalah kehamilan. Kehamilan memang bisa membuat puting dan areola membesar dan berwarna lebih gelap. Selain itu, seiring bertambahnya usia, adalah hal wajar jika warna puting menjadi lebih gelap walaupun tampilannya jadi kurang oke. Hiks…

Bagaimana? Apakah ada yang sesuai dengan kondisi payudara Anda? Yuk diperiksa mulai sekarang.